Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum bagi Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.62565/keadilan.v2i1.30Kata Kunci:
Kesadaran Hukum, Penguatan Nilai-Nilai Pancasila, Generasi ZAbstrak
Kesadaran terhadap hukum terutama bagi generasi Z harus lebih di perkuat supaya kepatuhan terhadap hukum dapat terus ditingkatkan salahsatunya dengan penguatan nilai-nilai pancasila. Pada dasarnya masyarakat Indonesia dianggap tahu akan hukum yang ada di Indonesia, akan tetapi masih banyak orang yang melakukan hal-hal yang menyimpang dan tidak dibenarkan menurut hukum. contohnya seperti mengambil hak orang lain, bully, kemudian di dunia pendidikan baik itu disekolah maupun pesantren masih ada dan banyak yang namanya senioritas dan menindas yang lebih bawah darinya sampai ada beberapa kasus yang sampai menimbulkan korban jiwa. Kesadaran hukum di Indonesia masih lemah sehingga diperlukan cara untuk menumbuhkan kesadaran hukum salahsatunya dengan penerapan nilai-nilai pancasila terutama di generasi Z karena generasi Z sangat dekat dengan teknologi sehingga mempunyai dunianya sendiri sehigga diperlukan pemahaman terhadap kesadaran hukum salahsatunya melalui penerapan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran hukum pada generasi Z melalui penerapan nilai-nilai pancasila agar mereka tidak acuh terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Referensi
Asrori, Achmad, Firial Bakhita & Rohmatul Aulia. (2019). Lunturnya Norma Pancasila Di Era Milenial 2019/2020. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 84. https://doi.org/10.29303/jipp.v4i2.86
Marsudi, S. A. (2016). Pancasila dan UUD’45 Dalam Paradigma Reformasi Edisi Revisi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Nurgiansah, T. H, Jagad aditya dewantara & Fazli, Rachman. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121. https://doi.org/10.26618/jed.v5i2.3106
Safitri, Ria, dkk. (2022). Edukasi Hukum Melalui Media Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2). https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1517
Sekar Saraswati Putri, Ayu. (2022) Pentingnya Kesadaran Hukum pada Lingkungan Masyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 2 No 12. https://doi.org/10.56393/decive.v2i12.1597
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Edisi
Bandung: CV. ALFABETA.
Wijoyo, Hadion, dkk (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Purwekerto: CV. Pena Persada.
Winarno. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asep Imroni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.